Sabtu, 23 Mei 2015

PENYEBAB OLI MESIN CEPAT HABIS


   Banyak yang bertanya-tanya, kok bisa oli mesin berkurang, padahal mungkin belum lama ganti oli. Banyak faktor penyebabnya. beberapa diantaranya :

## Kebocoran oli pada mesin
Yang paling umum terjadi kebocoran pada seal crankshaft depan atau belakang, untuk mengatasinya harus ganti seal crank. Untuk penggantian seal crank depan lebih murah biayanya, karena relatif gampang. Tetapi untuk penggantian seal crankshaft belakang, biaya lumayan mahal, dikarenakan harus menurunkan transmisi, bahkan untuk beberapa mobil V-Engine harus total turun mesin dan transmisinya.
Kebocoran pada cooler oil, hal ini hanya terjadi pada mobil2 tertentu yang dilengkapi cooler oil, lebih cenderung mobil2 keluaran terbaru.
Bisa juga terjadi kebocoran oli pada carter oli, seal distributor, seal rocker cover, cover chain atau karena keteledoran teknisi sehingga drain plug/ baut tab oli kurang rapat dan pemasangan oil filter kurang pas.

## PCV Rusak
PCV atau Positive Crankcase Ventilation berfungsi sebagai saluran pernafasan mesin, biasanya terdapat pada rocker cover dihubungkan oleh selang menuju saluran intake. Bila terjadi kebocoran parah pada pcv valve, saat mesin hidup terkadang terlihat asap knalpot putih.Cara mendeteksiny gampang, buka intake, sek saluran pcv, jika terdapat rembesan oli, kemungkinan pcv memang bocor.

##Ring Piston dan Seal klep Aus
Ring piston atau seal klep aus. Biasanya terjadi pada mobil usia lumayan lama.

## Telat ganti oli
Walaupun tidak terlihat adanya kebocoran pada bagian mesin, namun oli mesin dapat berkurang.
Hal ini wajar. Oli mesin syntetik cenderung lebih cepat menguap dari pada oli semi syntetik. penguapan ini dipicu oleh temperature mesin yang panas. Untuk kota-kota besar yang terkenal akan kemacetannya, cenderung penguapan oli lebih cepat. Logikanya, kondisi macet, gas buang kendaraan didepan kita masuk ke intake, kerja mesin lebih berat, aliran udara dari depan juga tidak bagus. Pendinginan mesin bertumpu hanya pada motor fan. Oli yang berkurang juga menjadikan mesin lebih cepat panas.
Lakukan pemeriksaan oli lebih sering untuk daerah rawan macet.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar