Minggu, 17 Mei 2015

MESIN TIDAK BISA DI STARTER

 

   Pagi-pagi, buka pintu mobil, masukkan kunci kontak, starter ..... , tak ada reaksi sama sekali. Padahal trakhir pakai mobil kondisi ok-ok saja. Jangan panik, coba ketok bagian selenoid starter!! Biasanya setelah beberapa kali ketok, motor starter berfungsi normal kembali. Kalau sudah begitu sebaiknya lakukan pembongkaran motor starter, biasanya hal tersebut terjadi karena kotor dan pelumas kering.Bersihkan dan lumasi kemudian rakit kembali. Namun jika masalah tersebut kambuh lagi setelah tidak lama pembongkaran motor starter, lakukan penggantian motor starter, biasanya selenoid motor starter sudah lemah. Sebelumnya jangan sampai terlewat lakukan pengecekan socket2 dan kabel2 yang berhubungan dengan system starter.

   Sudah distarter tetapi cuma bunyi cetek cetek saja. Kemungkinan besar aki mobil anda drop. Untuk memastikan itu , coba pencet tombol klakson , jika suaranya mulai lemah/ sember kemungkinan aki memang dah lemah. Masih kurang yakin??? , fungsikan wiper, jika terlihat melemah/ melambat dari biasanya, aki benar benar lemah. Pingin lebih yakin lagi, jumper aki mobil anda dengan aki yang bagus. Jika mesin langsung hidup, segera ganti aki anda. Usia aki mobil rata2 untuk mobil2 keluaran jepang terbaru kurang lebih 1 tahun. Jangan bandingkan dengan usia aki mobil2 keluaran lawas yang semuanya masih manual dan kelistritkannya begitu sederhana. Mobil sekarang walaupun tidak digunakan/ mesin mati, ada system alarm yang tetep bekerja, dan sumber daya aki terus digunakan.

   Kemungkinan lainnya bisa karena alarm belum dinonaktifkan. Jangan sampai sudah pusing mencari kesana kemari penyebabnya, eh ternyata tinggal pencet remote dan langsung jreeng ....



 











Tidak ada komentar:

Posting Komentar