Senin, 18 Mei 2015

INSPEKSI SEDERHANA SEBELUM BERKENDARA


   Selama di workshop, sering menemukan kondisi kendaraan mengenaskan, user cuma terima pakai, asal kendaraan bisa hidup dan jalan. Bahkan lampu2 mati dibiarkan, menunggu service rutin dibengkel biar sekalian dicek. Oli mesin dilevel paling low dibiarkan saja. Hal ini sering ditemukan pada pengendara / user wanita.
Berpikir positif sajalah, semoga hal tersebut terjadi karena ketidak tahuan semata, bukan karena lalai.

Sebenarnya inspeksi/ pengecekan sederhana kendaraan dapat dilakukan oleh pria ataupun wanita, asal tahu caranya dan apa saja yang perlu di cek, yuk kita bahas.

##  Cek level oli Mesin
Caranya tarik stick oli dan pastikan oli mesin cukup, berada dilevel high dan low. Pengecekan dilakukan sebelum mesin dihidupkan, atau jika sudah dihidupkan, biarkan 10menitan dahulu agar oli turun.Jangan sampai oli berada dibawah level low.

Terlalu berisiko kalau demikian, efeknya mulai dari mesin kasar, mesin lebih panas , nglitik/knocking sampai yang paling parah mesin mati sendiri gara2 metal jalan dan metal duduk macet, kalau sudah begitu , mau gak mau ya harus turun mesin.
Ada 2 sebab oli mesin berkurang,  karena telat ganti oli dan karena adanya kebocoran oli di mesin.

## Cek kondisi dan level oli Transmisi
Oli transmisi berkurang saat ada kebocoran oli diunit Transmisi, bisa pada seal driveshaf, oilpan ataupun seal input shaft.


## Cek  level minyak rem, Power Steering
Level minyak rem dan power steering tidah boleh dibawah low.Jika itu terjadi bisa dipastikan ada masalah pada sistem tersebut. Biasanya jika minyak rem berkurang lumayan banyak, ada indicator warning yang menyala. Namun untuk sistem power steering tidak terdapat indicator warning lamp.

Brake warning lamp

## Cek level air coolant pada tabung reservoir
Cukup melihat level air coolant, pastikan volume air coolant dantara level full dan low. Jika tiap beberapa hari harus menambah air terus terusan, kemungkinan ada masalah pada cooling system.
Pastikan juga tidak ada kebocoran pada selang-selang radiator


## Cek cooling fan
Hidupkan mesin dan fungsikan Ac mobil anda. Pastikan coling fan berputar normal.

## Cek lampu lampu dan tekanan ban
Berkendara malam hari dan saat kita mengerem pelan2, tiba-tiba ditabrak dari belakang. Pasti marah. Setelah ditelusuri ternyata lampu rem kendaraan kita mati. Hal sepele tapi kendaraan jadi penyok tertabrak. Lebih baik mencegah dari pada menunggu terjadi seperti itu. Lakukan pengecekan fungsi lampu-lampu minimal seminggu sekali.
Tekanan ban harus cukup, bila kurang atau berlebihan, berefek pada umur ban kendaraan anda.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar