Jumat, 29 Mei 2015

CIRI-CIRI HARUS OVERHOUL AT

  Mendengar kata overhoul AT, terbayang dompet bakal menitis dah. Tapi kenali dulu beberapa tanda overhoul AT memang  pilihan satu2nya



1.Saat pagi,Posisi D mobil tidak langsung jalan.
Rata2 terjadi pada kendaraan km diatas 100.000 atau +-10thn.Biasanya dikarenakan seal karet set pada AT sudah getas, keras , sehingga harus menunggu temperature panas, seal karet mengembang dan AT berfungsi kembali. Lakukan penggantian packing set untuk mengatasi hal tersebut.

2.Saat akselerasi, Rpm mesin naik cepat, namun kecepatan kendaraan  tidak bertambah.
Pastikan oli At bagus dan cukup. Jika kondisi seperti ini tetap terjadi, bisa dipastikan AT slip. Biasanya jika At slip, oli At terasa bau gosong. Harus dilakukan pembongkaran untuk memastikan cluth/ plat kopling mana yang hrus diganti.

3.Posisi D kendaraan tidak mau jalan.
Coba posisikan tuas At pada posisi R, 1, 2 atau L
Jika pada posisi selain D masih berfungsi. Kemungkinan ada gear at yang rontok. Atau salah satu dari posisi At tidak fungsi sedangkan posisi yang lain fungsi mau tidak mau AT harus di overhoul.

4.Pada saat perpindahan gigi, terasa nyentak
Pada kasus ini, belum tentu harus dilakukan overhoul, bisa saja kemungkinan terjadi kerusakan di selenoid at. Atau komponen dropping resistor telah rusak. Namun jika saat pengecekan oli At berbau sangit juga terdpat gram2 kecil, bisa saja palt kopling habis dan menggesek driven plate.
Untuk lebih jelas memang hru dicek bertahap.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar